PURJIANTO.WEB.ID, 4 Strategi Sukses Menjadi Dropshipper Pemula – Menjadi seorang dropshipper tidaklah semudah yang dibayangkan. Usaha dengan menggunakan sistem ini memiliki berbagai keunggulan.
Keunggulan tersebut diantaranya yaitu tidak perlu mengeluarkan modal usaha yang besar dan tidak perlu mengatur stock barang.
Bisnis dengan sistem ini membuat Anda menjadi bebas untuk bekerja sama dengan beberapa toko online lainnya.
Saat ini telah banyak beredar marketplace yang menggunakan sistem ini untuk usaha mereka.
Akan tetapi risikonya tetap ada yaitu Anda berjualan untuk membesarkan nama toko lainnya.
Selain itu Anda juga harus siap untuk bersaing dengan toko yang memiliki bisnis serupa. Jika Anda telah siap menanggung segala risiko, serta bisa dengan yakin untuk meneruskan usaha tersebut, berikut akan dijelaskan 4 strategi untuk menjadi seorang dropship pemula.
4 Strategi Sukses Menjadi Dropshipper Pemula
Pilih Produk
Ketika Anda memulai bisnis dengan sistem ini, maka hal yang pertama kali harus Anda lakukan yaitu memilih jenis produk yang akan dipasarkan. Produk apakah yang akan Anda tawarkan kepada customer.
Untuk mengetahui produk tersebut, Anda bisa melihat dari tren pasar pada saat itu.
Selain itu Anda juga bisa mendapatkan inspirasi produk dari seberapa berminat orang mau membelinya. Anda harus memastikan bahwa produk yang akan Anda jual sedang banyak dicari oleh customer.
Channel Pemasaran Harus Segera Dicari
Langkah selanjutnya ketika Anda sudah memilih produk yang cocok untuk dijual, maka Anda harus segera mencari channel untuk memasarkan produk tersebut.
Channel tersebut bisa berupa online maupun toko offline. Anda harus pintar dalam memilih channel agar tidak kalah oleh kompetitor yang memiliki harga termurah.
Channel paling bagus untuk pemasaran yaitu media sosial. Anda bisa memasarkan melalui media sosial pribadi.
Cari Supplier
Untuk menjadi dropshipper yang sukses, Anda juga harus menemukan supplier produk yang benar-benar bertanggung jawab serta dapat dipercaya.
Cari supplier melalui sumber yang tepat agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.
Biasanya sumber supplier bisa ditemukan pada berbagai marketplace di Indonesia maupun luar negeri.
Selain harga, statistik, wilayah, dan juga review dapat dijadikan patokan dalam memilih supplier yang baik.
Analisa dan Optimasi
Ketika semua tahapan diatas telah selesai Anda lakukan, maka tahap berikutnya yaitu melakukan analisa dan optimasi terhadap hasil promosi produk.
Anda bisa melakukan analisa dan optimasi dengan perkiraan waktu satu bulan sekali. Hal ini digunakan untuk mengetahui apakah ada peningkatan penjualan atau penurunan terhadap penjualan produk tersebut.
Maka dari itu sangat penting untuk selalu melakukan analisa dan optimasi secara berkala.
Menjadi dropshipper tentunya tidak boleh sebarangan. Hal ini dikarenakan pasar penjualannya yang cukup berbeda dibandingkan dengan penjual lain.
Selain itu, berjualan dengan sistem ini juga wajib memperhatikan pemasukan dan pengeluaran bisnis agar tidak rugi.
Untuk pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan secara instan, Anda bisa menggunakan aplikasi BukuKas, berupa aplikasi catatan pengeluaran.
Dengan aplikasi BukuKas Anda bisa dengan mudah melihat dan mencatat pemasukan serta pengeluaran bisnis Anda. Jika Anda tertarik bisa langsung kunjungi website resminya www.bukukas.co.id