Home / komputer / 8 Cara mengatasi komputer tidak mau shutdown

8 Cara mengatasi komputer tidak mau shutdown

komputer tidak mau shutdown8 Cara mengatasi komputer tidak mau shutdown – Semua barang elektronik memiliki jangka waktu tersendiri dalam pemakaian, tidak terkecuali komputer dan laptop. Bisa beraneka ragam awal dari permasalahannya. Dari cara pemakaian dan bisa juga faktor listrik yang sering mati. Kali ini, saya akan mengulas beberapa kendala komputer dan laptop yang tidak mau shutdown setelah kita pakai. Yuk, simak artikelnya berikut ini.

Di pertemuan yang lalu, purjianto.web.id pernah membahas tentang Solusi Mengatasi Tanda Silang Merah WIFI Laptop. Yang berbeda di sini ialah membuang beberapa software yang mengganggu dan menambah software yang perlu.

8 Cara mengatasi komputer tidak mau shutdown atau mati

Selain menjadi blogger dan dunia SEO, memperbaiki komputer dan laptop adalah sebagian dari hobi saya. Dalam beberapa kesempatan, saya sering menjumpai teman-teman yang datang ke rumah mengeluhkan komputernya tidak mau mati.

Walaupun sudah di paksa shutdown, hasilnya hanya restart saja tidak mau mati. Jalan satu-satunya adalah dengan mencabut kabel daya yang terpasang di komputer.

Mungkin menurut mereka efektif, namun untuk jangka panjang akan membuat beberapa hardware bermasalah.

Berikut cara untuk mengatasi komputer dan laptop tidak mau mati atau shutdown.

Uninstall software atau aplikasi yang tidak penting

Ada beberapa software yang terbilang ringan, namun akan menjadi masalah dalam system kerja di komputer. Salah satunya adalah komputer tidak mau shutdown saat selesai mengerjakan tugas atau hanya sekedar menjelajah di dunia maya.

Baca Juga:  Scanner Epson L360 Error

Hapus aplikasi atau software terakhir yang membuat komputer kalian tidak mau shutdown. Cara ini lebih efektif karena tidak perlu install ulang komputer.

Perbaiki Registry System

Setelah menghapus software yang membuat komputer tidak mau shutdown, langkah selanjutnya ialah memperbaiki registry pada system atau data C kalian. Untuk memperbaiki beberapa system yang bermasalah. Dengan kata lain, menata ulang tempat yang seharusnya di tempati oleh system tersebut.

Bersihkan file di Recycle Bin

File yang menumpuk di tempat sampah, selayaknya harus di bersihkan. Jangan sampai file tersebut menggunung hingga puluhan GB. Hal tersebut akan mengganggu kerja dari laptop atau komputer kalian. Sehingga, komputer tidak mau shutdown.

Virus rutin di bersihkan

Hal ini juga tidak kalah penting, kadang virus menjadi faktor utama komputer tidak mau shutdown. Membersihkan virus setiap hari akan membuat komputer kalian selalu terjaga. Yang terpenting ialah, antivirus jangan sampai expired, sebab akan mengganggu kerja dari antivirus itu sendiri.

Uninstall driver

Kadang saat kita menginstall driver yang di perlukan oleh komputer menjadi awal permasalahan. Bukan tentang drivernya. Namun, ada beberapa driver yang sama akan tetapi tidak serupa. Jika terlanjur, hapus driver tersebut dan cari driver yang cocok untuk komputer kalian.

Install ulang OS

Cara ini bisa kalian lakukan, asalkan beberapa cara diatas sudah kalian lewati. Namun, tidak membuahkan hasil yang di inginkan. Komputer tidak mau shutdown bisa saja OS kalian sudah usang. Silahkan install ulang OS kalian yang terbaru.

Perbaiki hardware

Setelah mengotak-atik perangkat keras komputer, ternyata komputer tidak mau shutdown. Jangan panik dulu, periksa kabel power yang menghubungkan tombol ke motherboard. Kadang salah dalam pemasangan atau terbalik bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga:  Billing Explorer Deskpro 6 2007 F 09 Security #6

Bawa ke service

Hal terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan membawa komputer kalian ke service komputer. Langkah ini bisa kalian lakukan jika semua usaha sudah dikerjakan dengan maksimal. Dengan mengeluarkan Rp. 100.000 dijamin komputer kalian akan baik kembali. Dengan catatan tidak ada piranti keras yang harus diganti.

Demikian ulasan tentang 8 Cara mengatasi komputer tidak mau shutdown yang bisa kalian lakukan sendiri ketika komputer bermasalah. Banyak kok blogger yang menulis artikel serupa dengan saya.

Kembali lagi ke diri kalian masing-masing. Mau mencoba atau mengambil point terakhir dari artikel yang saya buat diatas.

Semoga artikel yang saya buat ini menjadi ilmu baru untuk yang belum pernah mengalami permasalahan komputer tidak mau shutdown.

Jika ada salah kata dalam artikel ini, kami pribadi pemilik website purjianto.web.id mohon ampun maaf. Hanya sekedar berbagi wawasan yang pernah kami lalui dalam mengatasi permasalahan komputer.

About purji

Avatar
Saya adalah blogger dari sangatta, kutai timur. Blogger newbie yang berusaha menulis walaupun tidak sempurna

Check Also

Mempercepat download dengan IDM 7.1 portabel full version koneksi stabil

Mempercepat download dengan IDM 7.1 koneksi stabil, PURJIANTO.WEB.ID – Dengan melihat dan membaca dari judulnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *