AJKT Adakan UKW? Kok Bisa?

oleh -103 views
AJKT Adakan UKW
Foto bersama setelah 2 hari mengikuti UKW di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kutai Timur. Tanggal 13-14 November.

PURJIANTO.WEB.ID, AJKT Adakan UKW? Kok Bisa? – Apa sih AJKT itu? AJKT itu singkatan dari Aliansi Jurnalis Kutai Timur, organisasi wartawan yang ada di Kabupaten Kutai Timur. Kok bisa ngadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), kan bukan organisasi di bawah Dewan Pers, ya bisalah, kenapa gak bisa. Begini ceritanya.

Benar AJKT tidak bisa mengadakan UKW, akan tetapi AJKT menggandeng MZK Institute untuk belajar pra-UKW dan menggandeng PT. Aksara Solopos sebagai lembaga uji, yang telah terakreditasi di dewan pers.

Jauh sebelum pelaksanaan, kurang lebih 3 bulan sebelumnya, anggota AJKT telah mendiskusikan dan di setujui Ketua AJKT Bang Sukriadi untuk segera AJKT adakan UKW.

BACA :  Pengalaman Bersama BPBD Kutim di KRU Samarinda

Terpilihlah Hafidz dan Mas Ifan sebagai ketua panitia dan sekretaris dalam pelaksanaan UKW tersebut, serta Ramlah sebagai bendahara.

Di samping mempersiapkan acara, semua anggota AJKT wajib mengikuti pelatihan pra-UKW melalui zoom, oleh MZK Institute. Mulai dari yang akan mengikuti UKW Muda hingga yang Utama, tentu dengan porsinya masing-masing.

Banyak orang-orang hebat di AJKT yang selalu kompak dan energik dalam setiap kegiatan.

Wajah-wajah tegang terlihat saat berkumpul depan lokasi ujian di Hotel Royal Victoria, Sangatta. Kode Etik Jurnalis (KEJ), Undang-undang Pers, seakan hilang dari ingatan melihat wajah penguji yang lewat dan masuk ke dalam ruangan.

Ada 12 tahap baik ujian tertulis hingga praktek yang harus kami lewati dalam dua hari, mulai pukul 8.00 WITA hingga 17.00 WITA.

BACA :  Menjadi Petani Itu Ternyata Lebih Asik dan Menyehatkan

AJKT Adakan UKW? Kok Bisa?

Banyak pengalaman yang kami dapat dari penguji, yang mana mereka sudah malang-melintang di dunia jurnalis, bahkan sudah menjadi jurnalis sejak di bangku kuliah tahun 90-an.

Saat penutupan acara UKW, kami merasa bahagia bapak Bupati Kutai Timur H Ardiansyah Sulaiman bisa datang dan memberikan semangat kepada teman-teman jurnalis.

Beliau berpesan, agar jurnalis terus mengupdate berita dan informasi terkini yang ada di Kabupaten Kutai Timur. Sebab, melalui tulisan dan foto bupati bisa mengetahui kondisi terbaru baik di kota maupun di Kecamatan yang ada di Kutim.

Usai dinyatakan kompeten oleh penguji, secangkir kopi dan sebatang rokok semakin terasa begitu nikmat. Dan pada puncaknya, Ketua AJKT, Sekretaris dan ketua panitia di jeburkan ke kolam, sebagai tanda keberhasilan tim yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *