Home / Task / Alat Berat Berdasarkan Fungsi dan Jenis Alat

Alat Berat Berdasarkan Fungsi dan Jenis Alat

Alat Berat Berdasarkan Fungsi dan Jenis Alat – Peralatan kerja merupakan hal yang wajar ditemukan di setiap jenis industry. Peralatan-peralatan ini berfungsi mempermudah pekerjaan kita sehingga kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif maupun efisien. Peralatan khusus juga sering dijumpai untuk beberapa jenis industri mulai dari alat menghitung uang yang lebih banyak dipakai di industri perbankan, alat hidrolik untuk industry manufaktur dan lainnya.

Industri konstruksi dan industry pertambangan tidak terlepas dari ketergantungan terhadap peralatan khusus terutama saat kita membahas pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Apalagi jika kita telah membahas pekerjaan berdasarkan volume dan waktu yang tersedia maka alat berat mutlak menjadi variable utama agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

alat berat berdasarkan fungsi

Industri konstruksi dan industry pertambangan identik dengan pekerjaan bervolume besar. Pemindahan, penggalian, pemadatan, pengangkatan dan pengangkutan material yang memiliki volume besar. Untuk menyelesaikan pekerjaan pekerjaan tersebut secara efisien, maka pemilihan penggunaan alat berat merupakan hal wajib saat proses dimulainya pekerjaan.

Pengklasifikasian alat berat berdasarkan fungsi yang ditawarkan oleh alat tersebut

Alat Berat Berdasarkan Fungsi dan Jenis Alat

Secara garis besar, alat berat dapat diklasifikasikan ke beberapa golongan berdasarkan fungsi yang ditawarkan antara lain :

  • Alat untuk menggusur. Alat ini pada umumnya dipergunakan saat pembersihan lahan atau area sebelum dilakukan pembangunan konstruksi. DI industry pertambangan, alat ini digunaka untuk memindahkan material untuk jarak yang dekat sebelum diangkat dan diangkut ke lokasi lain.
  • Alat untuk pengangkatan. Alat ini dapat terbagi kedalam dua kelompok, statis dan mobile. Contoh alat pengangkat yang statis misalnya tower crane sedangkan yang mobile misalnya mobile crane.
  • Alat untuk melakukan penggalian sesuai dengan namanya memiliki fungsi utama sebagai alat penggali. Tetapi dari type penggalian, alat ini dapat dibagi lagi. Misalnya shovel dan backhoe untuk menggali tanah dengan menyendok atau mengangkat tanah yang dangkal. Excavator dipergunakan untuk menggali tanah dengan cara mengeruk untuk menggali lubang yang lebih dalam.
  • Alat untuk memadatkan tanah. Sering sekali kita memerlukan alat ini di industry konstruksi. Pemadatan tanah wajib untuk menjaga kestabilan tanah dan struktur konstruksi setelah dibangun. Tanpa melakukan pemadatan tanah, kejadian konstruksi amblas atau yang lainnya sangat mungkin terjadi.
  • Alat untuk pengangkutan material lebih sering ditemukan di area penambangan karena material yang telah di gali perlu diangkut untuk diproses lebih lanjut. Sedangkan untuk industri konstruksi kecil, alat ini tidak begitu mutlak.
Baca Juga:  Tips Untuk Meringankan Biaya Perbaikan Rumah

Beberapa jenis alat berat yang dipergunakan dan dapat ditemukan secara umum

Jika berdasarkan jenis, alat berat dapat dibedakan ke beberapa jenis antara lain :

Bulldozer

Bulldozer atau dozer termasuk dalam kategori alat berat denga fungsi menggusur. Alat ini sering dijumpai jika hendak melakukan tugas penggusuran. Dengan pembagian menjadi dua secara umum yaitu, crawler dozer tractor dan wheel tractor dozer. Bulldozer digunakan sebagai alat pendorong tanah lurus disamping juga sebagai alat perata dan pengeruk tanah tetapi untuk penggalian dangkal dan sifatnya lebih ke perataan tanah.

Excavator

Excavator merupakan alat penggali tanah dengan cara melakukan penggerukan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai alat pengangkatan material ke dalam truck pengangkut material sebelum dipindahkan untuk diproses.

Wheel loader atau Truck Loader

Berfungsi layaknya dozer tetapi bedanya, dozer melakukan penggusuran dengan mendorong, sedangkan loader lebih kepada penggusuran dengan cara mengangkat dan memindahkan material penggusuran. Loader memiliki artian bak pengisi material baik tanah, maupun debris atau puing.

Tire Roller

Alat ini umumnya dijumpai di proses pembuatan jalan. Memiliki fungsi sebagai perata, alat ini juga memiliki fungsi memadatkan. Alat ini memiliki roda roda ban karet dibagian depan maupun belakang yang dapat memberikan efek kneading atau efek tekanan. Efek tekanan ini dapat diatur melalui mekanisme pneumatic yang terhubung ke ban dan memberikan kekuatan tekanan ke ban dan kemudian disalurkan ke permukaan tanah.

Dump Truk

Alat ini tidak hanya dijumpai di industry konstruksi maupun industry pertambangan tetapi juga dapat dijumpai di perkotaan misalnya Jakarta. Dump truk jika diklasifikasikan berdasarkan fungsi, dapat dikelompokkan ke kategori alat berat untuk pengangkutan.

Selain alat alat berat yang disebutkan diatas, masih banyak jenis alat berat lainnya yang belum dibahas di artikel ini. Tetapi dengan penjelasan singkat melalui artikel ini, semoga dapat membuka wawasan yang lebih luas mengenai alat berat. Pembahasan lebih mendalam mengenai alat berat dapat dibaca melalui artikel lainnya.

Baca Juga:  Rekomendasi Cemilan Menggunakan Susu

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis alat berat seperti di atas bisa lihat di website Indotrading.com yang terdapat para suppier yang menjual berbagai macam alat berat.

About purji

Check Also

Manfaat Pendekar Anak Untuk Anak-anak Indonesia

Manfaat Pendekar Anak Untuk Anak-anak Indonesia – Setiap anak-anak perlu menjalani kehidupannya dengan sejahtera. Kesejahteraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *