Asal Mula Es Krim, Si Lezat Yang Berusia Ribuan Tahun

oleh -170 Dilihat
Asal Mula Es Krim, Si Lezat Yang Berusia Ribuan Tahun

PURJIANTO.WEB.ID – Asal-mula es krim berasal dari minuman dingin yang berbeda dengan es krim jaman modern. Pada jaman Yunani kuno dan Romawi kuno sudah dikenal minuman es. Kaisar Nero yang memerintah Romawi pada 37-54 M waktu itu sudah menikmati minuman dingin dengan topping anggur atau madu.

Pada jaman dulu untuk membuat minuman es tidak gampang. Es tidak dibuat tapi diambil dari sumbernya di alam misalnya dari gunung bersalju dan dari sungai atau danau yang membeku di musim dingin. Kemudian disimpan di tempat yang memungkinkan es tidak mudah meleleh.

Mengambil dan mengangkut es adalah pekerjaan yang cukup berat di waktu itu. Dibutuhkan tenaga banyak orang dan proses yang menyita waktu juga tenaga. Bahkan kemungkinan sampai membutuhkan waktu berhari-hari.

Di salah satu novelnya Laura Ingalls Wilder bercerita bagaimana orang-orang menggergaji es dari sungai yang membeku. Kemudian balok-balok es itu diangkut dengan kereta kuda/sapi dan disimpan di bangunan di rumahnya dan ditutupi dengan semacam sekam. Dengan begitu es bisa bertahan lama dan tidak mudah mencair.

Keluarga Laura pernah menyimpan semangka beberapa lama di tempat penyimpanan es. Kemudian semangka yang sudah dingin dipotong-potong dan dimakan. Tentu di jaman dulu merupakan cemilan yang cukup mewah.

Jauh sebelum jamannya Laura orang-orang juga sudah membuat tempat penyimpanan es. Dikatakan orang Mesopotamia sudah memilikinya pada 4000 tahun lalu. Orang Yunani dan Romawi memanen es dan salju dari puncah gunung dan menyimpannya di lubang penyimpanan.

Pemanenan dan penyimpanan es untuk mengawetkan makanan sudah dimulai di Cina sekitar 1100 SM. Alexander Agung pun ketika menaklukkan Petra dikatakan memiliki lubang tempat penyimpanan salju.

Namun Kaisar Dinasti Tang yang diyakini banyak sejarawan sebagai orang pertama yang menikmati makanan manis dingin menyerupai seperti susu beku. Mungkin ini cikal bakal es krim meski bentuknya tidak serupa dengan es krim modern. Bahannya adalah susu sapi, kambing atau kerbau yang difermentasi dan dipanaskan dengan tepung dan kapur barus untuk penyedap dan memberi tekstur.

Kapur barus memberikan tekstur seperti serpihan salju, selain itu dipercaya memiliki khasiat obat. Campuran tersebut dibekuan dengan cara memasukkannya ke dalam tabung logam lalu disimpan di dalam kolam es.

Sekarang es krim bisa ditemukan di seluruh penjuru dunia dengan banyak variasi. Salah satunya adalah es krim berbahan susu kambing yang dijual oleh Victory Garden. Kelebihannya selain lezat adalah rendah lemak, tanpa pengawet, dan tanpa pemanis buatan.