Cara Membuat Kandang Ayam Close House Mudah!

oleh -445 views
oleh
Cara Membuat Kandang Ayam Close House Mudah!
Cara Membuat Kandang Ayam Close House Mudah!

PURJIANTO.WEB.ID Cara Membuat Kandang Ayam Close House Mudah! Bagaimana cara kandang ayam close house dengan mudah dan faktor apa yang harus diperhatikan agar ternak bisa lebih nyaman? Simak ulasannya!

Bagi para peternak dengan keahlian tinggi ataupun hendak menghemat lebih banyak anggaran, maka mengetahui cara membuat kandang ayam close house tentu dapat menjadi solusi paling tepat.

Apalagi di beberapa area tertentu, kebutuhan kandang dengan model tertutup ini sangat dibutuhkan tidak hanya untuk memudahkan pemeliharaan namun juga menjaga ternak agar tidak menjadi santapan hewan liar seperti rakun, rubah, elang, anjing hingga burung hantu.

Selain itu, menjaga kandang supaya dapat menjadi hunian yang nyaman bagi para ternak juga sangat penting untuk dilakukan.

Hal ini tentu membuatnya memiliki banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat hendak benar-benar ingin membangun kandang secara mandiri dari awal.

Saat ini telah banyak perusahaan kontraktor kandang ayam close house di Indonesia. Salah satu distributor alat peternakan ayam yang menyediakan layanan konstruksi kandang ayam close house adalah UD. Inti Mustika.

Supaya Anda bisa mendapatkan gambaran lebih lengkap, simak tips dan cara membuat kandang ayam close house dengan lebih tepat dan mudah pada artikel berikut ini!

Berbagai Elemen Penting Saat Membuat Kandang Ayam Close House

Apabila Anda memutuskan untuk membuat kandang secara mandiri, maka ada beberapa faktor penting dan esensial yang perlu diperhatikan.

Walaupun saat ini kandang ayam hadir dalam berbagai desain, tapi pada dasarnya ada beberapa elemen dasar yang perlu hadir di dalamnya supaya ternak dapat merasa lebih nyaman dan dapat berproduksi dengan baik, yaitu:

Atap dan Dinding yang Mumpuni

Adanya atap dan dinding pada kandang dapat melindungi ayam dari cuaca buruk dan serangan predator yang dapat memangsa mereka sehingga dapat terjaga keamanannya.

Selain itu, elemen ini juga penting untuk menjaga kebocoran air ke dalam kandang sehingga bagian dalam tetap dalam kondisi yang optimal untuk ditinggali serta tidak lembab.

Sebab kondisi yang lembab dapat mengundang tumbuhnya jamur dan bakteri sehingga dapat mengancam kesehatan ternak.

Supaya ayam tetap dapat hidup nyaman di dalamnya, maka gunakanlah kayu untuk membangun rangka dan dinding kandang ayam Anda.

Ditambah, atap kandang ayam harus kedap udara dan air sehingga pemilihan material seperti lembar logam, shingles, atau PVC bisa jadi pilihan yang tepat.

Ventilasi yang Tepat

Para peternak yang sudah memahami cara membuat kandang ayam close house biasanya akan sangat concern dengan kebutuhan ventilasi bagi ternaknya.

Sebab dalam kondisi tempat yang tertutup seperti tipe kandang ini membuat ventilasi memungkikan udara di dalamnya dapat tersirkulasi dengan baik.

Bahkan untuk fungsi yang lebih jauh, adanya ventilasi juga memungkinkan untuk tidak menghasilkan terlalu banyak angin di dalam kandang dan mampu menyaring hewan-hewan yang tidak diinginkan supaya tidak masuk ke dalam.

Kotak untuk Bersarang dan Bertelur (Nesting Box)

Semua kandang ayam harus memiliki nesting box atau tempat dimana ternak tersebut bisa bertelur dengan baik dan nyaman. Setidaknya, harus ada satu kotak per 2 sampai 3 ayam dan setiap kotak harus minimal 12 “x 12”.

Selain itu, Ayam Anda juga perlu beristirahat. Jadi penting bagi para peternak untuk menyediakan tempat bertengger di dalam kandang.

Tempat bertengger ini bisa berupa batang, cabang, atau papan sempit yang ditinggikan sehingga dapat menjadi tempat ayam dapat hinggap untuk tidur serta beristirahat dengan optimal.

Pengaturan Pencahayaan

Terakhir, para peternak yang mengetahui cara membuat kandang ayam close house biasanya akan menyadari pentingnya pengaturan pencahayaan bagi para ternaknya.

Karena hidup di ruang yang tertutup, pengaturan iklim mikro meliputi cahaya juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebab pencahayaan di dalam kandang akan sangat mempengaruhi kesehatan, produksi telur ayam, sekaligus mengatur siklus hidupnya.

Bagaimana Cara Membuat Kandang Ayam Close House dengan Mudah?

Sebenarnya saat Anda memiliki anggaran lebih, maka memilih untuk membeli kandang ayam di toko khusus peternakan sebagai pilihan yang praktis.

Namun apabila Anda memiliki keahlian ataupun anggaran yang terbatas maka mengetahui cara membuat kandang ayam close house menjadi hal yang harus dilakukan.

Secara umum, cara membuat kandang ayam close house cukup sederhana dan Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tentukan ukuran kandang yang dibutuhkan untuk jumlah ayam yang akan dipelihara. Pastikan kandang tersebut cukup luas untuk memastikan ayam-ayam memiliki ruang yang cukup untuk bergerak.
  • Siapkan bahan-bahan seperti kayu, paku, kawat jaring, dan bahan isolasi jika diperlukan.
  • Bangun kerangka kandang dengan kayu, pastikan kerangka kandang cukup kuat dan kokoh.
  • Pasang kawat jaring pada sisi kandang untuk melindungi ayam dari serangan predator seperti kucing atau burung pemangsa.
  • Pasang pintu pada kandang untuk memudahkan Anda masuk dan keluar saat membersihkan kandang atau memberi makan ayam.
  • Pasang atap kandang untuk melindungi ayam dari cuaca buruk seperti hujan atau panas terik.
  • Pasang bahan isolasi seperti styrofoam atau seng pada sisi-sisi kandang jika diperlukan untuk menjaga suhu dalam kandang tetap stabil.
  • Jangan lupa untuk memasang tempat tidur berupa kayu atau cabang yang ditinggikan dan sarang dalam bentuk box untuk ayam-ayam bertelur dengan baik.

Saat membangun kandang, pastikan untuk memilih material yang kokoh, tahan lama, dan mudah dibersihkan seperti kayu ataupun kawat jaring.

Ditambah, penting untuk memastikan sistem ventilasi di dalamnya sudah terpasang dan dapat bekerja dengan baik untuk menghindari kondisi udara yang terlalu lembab bagi ayam.

Selain itu, pastikan juga agar kandang memiliki ruang yang cukup untuk ayam-ayam bergerak dan bersarang. Hal ini akan membuat ternak merasa lebih nyaman dan tidak stress sehingga bisa berproduksi dengan baik!