Home / Task / Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Merawat Bayi

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Merawat Bayi

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Merawat Bayi – Bagi pasangan muda, memiliki anak tidak hanya membahagiakan tetapi juga sekaligus menimbulkan khawatir. Bagi orang tua baru hal yang paling ditakutkan yakni tidak bisa mengurus bayi. Namun seiring berjalannya waktu semuanya akan terbiasa dan pasti bisa hanya saja perlu penyesuaian, kesabaran, dan ketelatenan.

Meski anda sudah menyiapkan jauh-jauh hari untuk menyambut sang buah hati seperti sabun mandi cair bayi, handuk, dan berbagai macam kelengkapan lainnya, haruslah dibarengi dengan melakukan perawatan atau mengurus bayi dengan benar.

Apalagi bayi yang baru lahir sangatlah rentan dengan beberapa kemungkinan yang terjadi terkait kekebalan tubuhnya yang masih perlu penjagaan dengan ketat.

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Merawat Bayi

Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Merawat Bayi

Menjadi suatu kewajaran jika anda orang tua baru kurang begitu paham dalam mengurus bayi karena ini menjadi pengalaman pertama yang akan menjadi pembelajaran untuk kedepannya. Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan saat mengurus bayi baru lahir.

1. Jaga kebersihan bayi

Menjaga kebersihan menjadi hal yang sangat penting, termasuk kebersihan tangan usahakan selalu bersih terutama saat menyentuh atau menggendong bayi agar terhindar dari kuman ataupun virus sebab kekebalan tubuhnya masih sangat minim.

2. Jaga keamanan bayi

Menggendong bayi tidaklah sama dengan menggendok anak yang sudah cukup besar, oleh karena itu perhatikanlah keamanannya terutama saat memegang leher dan kepala. Selain itu jangan pernah mengguncang bayi saat menenangkan atau membangunkannya.

3. Mengganti popok bayi harus rutin

Tidak sedikit para ibu muda yang merasa kesusahan saat mengganti popok, bahkan ada yang sampai 10 kali ganti dalam satu hari dan itu juga disesuaikan dengan volume kencingnya. Jika diberikan susu formula dari awal mungkin akan lebih sering kencing dibandingkan dengan diberikan ASI.

Baca Juga:  Alat Berat Berdasarkan Fungsi dan Jenis Alat
4. Pemberian susu

Kapasitas perut bayi yang masih kecil akan membuat bayi selalu lapar, oleh karena itu susuilah bayi sesering mungkin, umumnya diberikan hingga 15 kali dalam satu hari.

Itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan saat merawat bayi, semoga bermanfaat dan menjadi pengalaman berharga bagi para ibu muda.

Pengalaman akan mengajarkan kita untuk lebih baik. Dengan tips Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Merawat Bayi. Semoga bisa menjadi hal yang positif untuk ibu muda.

About purji

Avatar
Saya adalah blogger dari sangatta, kutai timur. Blogger newbie yang berusaha menulis walaupun tidak sempurna

Check Also

These Characters Getting Popular Because Of Cookies

These Characters Getting Popular Because Of Cookies – When some people remain to hold the …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *