Mengenal Freight Forwarding dan Cara Memilih Jasa yang Tepat

oleh -106 views
Mengenal Freight Forwarding dan Cara Memilih Jasa yang Tepat

PURJIANTO.WEB.ID – Mengenal Freight Forwarding dan Cara Memilih Jasa yang Tepat. Forwarding adalah salah satu metode transportasi lintas negara. Biasanya ini digunakan oleh pelaku ekspor impor barang. Jika Anda ingin masuk ke bisnis tersebut, sebaiknya pilih jasa freight forwarding Jakarta yang terpercaya. Barang yang dikirim kemudian akan diangkut melalui beberapa jalur seperti jalur laut, jalur darat, atau jalur udara, tergantung masing-masing penyedia jasa.

Tanggung Jawab Jasa Freight Forwarding

Tanggung jawab utama dari jasa ini adalah memastikan barang diantarkan ke lokasi tujuan dengan selamat. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan berbagai fasilitas pendukung seperti container berkualitas, tenaga kerja profesional, serta sistem monitoring. Semua itu harus benar-benar dipastikan karena jika terdapat masalah maka dampaknya bisa sangat fatal.

Keuntungan Menggunakan Freight Forwarding

Keuntungan yang paling terasa dari jasa forwarding adalah bisa melakukan ekspor impor barang dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan kebanyakan pihak jasa juga menyediakan layanan bantuan pada semua proses, mulai dari pengemasan, penyimpanan, hingga bea cukai. Jadi, Anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga dalam kegiatan tersebut.

Hal yang Perlu Dipahami Tentang Forwarding

  1. Butuh hubungan baik antara kedua pihak

Hubungan baik harus tetap dijaga baik oleh customer maupun pihak jasa. Jasa forwarding memegang tanggung jawab penuh atas proses pengiriman. Oleh sebab itu, saling menunjukkan rasa respek adalah hal wajib dilakukan. Bagi pebisnis, jasa membantu proses pengiriman barang. Sementara itu, bagi pemilik jasa, customer adalah orang yang wajib mendapatkan pelayanan terbaik.

  1. Forwarder tidak bertanggung jawab pada keterlambatan

Meskipun memegang tanggung jawab dalam proses pengiriman, ada hal-hal tertentu yang berada di luar kendali. Salah satu contohnya adalah keadaan cuaca. Keterlambatan karena faktor tersebut adalah di luar tanggung jawab pihak forwarder karena jika dipaksakan akan cukup berisiko. Oleh karena itu, customer wajib mengetahui hal ini terlebih dahulu.

  1. Dokumen harus lengkap

Sebelum menyerahkan seluruh barang untuk dikirimkan, pastikan semua dokumen sudah lengkap. Biasanya perusahaan akan membantu melakukan pengecekan dokumen tersebut. Dokumen ini memang sangat penting karena apabila tidak lengkap bisa menimbulkan berbagai masalah, apalagi ini terkait pengiriman barang antarnegara.

  1. Hanya untuk produk tertentu

Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa semua barang bisa dikirim menggunakan jasa ini. Padahal kenyataannya adalah tidak. Hanya barang tertentu saja bisa dikirimkan menggunakan forwarder. Semua itu juga tergantung dari metode pengiriman juga seperti apakah menggunakan jalur darat atau jalur udara. Beberapa contoh barang yang dilarang adalah obat-obatan, barang mudah terbakar, baterai, benda tajam, serta alkohol.

Tips Memilih Jasa yang Tepat

  1. Memahami kebutuhan

Langkah paling awal adalah memahami kebutuhan terlebih dahulu. Cari tahu berapa jumlah barang yang akan dikirim. Hal ini akan menentukan proses ke depannya seperti pemilihan ukuran container dan jalur pengiriman.

  1. Cari tahu tentang perusahaan

Karena menyangkut barang-barang penting, jangan terlalu sembarangan menggunakan jasa. Pilih yang benar-benar terpercaya. Salah satu ciri perusahaan terpercaya adalah memiliki website aktif dan telah berdiri sejak lama. Contoh dari perusahaan ini adalah Hagajaya KS karena sudah berdiri sejak 1995 serta mempunyai website resmi di www.hagajaya.com.

  1. Pastikan kualitas pelayanan

Pelayanan yang dimaksud di sini cukup luas, yakni mulai dari customer service, proses pengiriman, hingga sampai ke tujuan. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa melihat testimoni dari pengguna sebelumnya. Apabila mayoritas memberikan penilaian positif, artinya kualitasnya memang bagus.

Itulah tadi beberapa hal terkait freight forwarding Jakarta yang perlu diketahui. Pada intinya, jasa ini sangat dibutuhkan bagi siapa aja ketika ingin mengirimkan barang lintas negara.