Mengenal Jenis Jangkar Kapal yang Harus Diketahui

oleh -17 Dilihat
Mengenal Jenis Jangkar Kapal yang Harus Diketahui

PURJIANTO.WEB.ID – Mengenal Jenis Jangkar Kapal yang Harus Diketahui. Apa itu jangkar kapal? Singkatnya, pengertian jangkar kapal merupakan alat khusus yang digunakan untuk penambat kapal yang akan diturunkan ke dasaran laut, sungai atau jenis perairan lain. Adapun fungsi utama dari penggunaan jangkar kapal yaitu memungkinkan kapal tidak bisa berpindah posisi karena hembusan angin, arus air dan gelombang.

Di awal pembuatannya, jangkar kapal dibuat dari bahan karung yang diisi dengan pasir atau kayu log, bisa juga diisi dengan timah. Jangkar kapal memiliki bobot cukup berat sebab dipergunakan untuk menahan kapal agar tidak bergerak. Ada beberapa jenis jangkar kapal yang biasanya digunakan, antara lain :

Mengenal Jenis Jangkar Kapal yang Harus Diketahui

Danforth Stock Anchor

Ini adalah jenis jangkar kapal terbaik dengan cengkraman jauh lebih baik dibanding jenis lain. Alasannya, jenis jangkar kapal tersebut memiliki tongkat jangkar yang nanti ditancapkan ke dasaran laut. Jenis jangkar kapal tersebut bahkan menjadi yang paling populer di industri perkapalan.

BACA :  Tips Memilih Perusahaan Jasa SEO Terbaik

Meski demikian, jangkar kapal ini hanya dipergunakan untuk kapal khusus yang memiliki panjang hingga 100 kaki. Adapun kelebihan danforth stock anchor selain daya cengkramannya yang kuat juga bisa digunakan di lumpur dan pasir. Pasalnya, jenis jangkar kapal tersebut bisa masuk pada hawse pipe kapal.

Mushroom Anchor

Ini adalah jenis jangkar kapal yang tidak kalah bagusnya dalam penggunaannya. Jangkar kapal dengan jenis ini memiliki bentuk seperti jamur dan biasanya digunakan pada kapal berukuran kecil. Pasalnya jenis jangkar kapal tersebut memang memiliki ukuran yang kecil.

Selain itu, jenis jangkar kapal tersebut digunakan untuk kapal yang beroperasi di daerah dasar perairan berlumpur. Memiliki bentuk mirip mangkuk, oleh karenanya jangkar kapal tersebut bisa bekerja dengan baik di daerah yang berlumpur.

BACA :  Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Kulit Berminyak saat Memakai Micellar Water

Stockless Anchor

Ini adalah jenis jangkar yang lebih banyak dipergunakan untuk jenis kapal berukuran besar. Stockless anchor bahkan lebih dikenal sebagai jangkar kapal utama. Fungsi utama stockless anchor yaitu sebagai piranti penahan kapal agar tidak berpindah posisi.

Stockless anchor biasanya dipasangkan di bagian kiri dan kanan kapal. Selain itu, antara sisi kiri dan kanan jangkar kapalnya harus memiliki bobot yang sama agar kapal bisa seimbang dan tidak berat sebelahan.

Scream Anchor

Ini adalah jenis jangkar kapal yang tidak kalah menariknya untuk dibahas. Scream anchor memiliki ukuran yang berbeda – beda, dimana biasanya sebuah jangkar kapal dilengkapi dengan satu buah jangkar arus. Scream anchor memiliki fungsi khusus untuk membantu jangkar haluan atau pun jangkar arus ketika akan berlabuh di daerah yang memiliki arus cukup kuat.

BACA :  Jasa Pembuatan Kitchen Set Murah Nomor 1 di Kalimantan

Selain itu, jenis jangkar kapal tersebut juga dibuat khusus untuk menahan posisi kapal bagian buritan. Tujuannya, agar posisi kapal tidak berubah.

Jangkar Kapal AC14

Ini adalah jenis jangkar kapal yang banyak digunakan pada kapal aquaculture dan komersil. Jenis jangkar tersebut berbeda dengan jenis lainnya, sebab memiliki nilai efisiensi yang tinggi. Pasalnya, jangkar kapal AC14 dalam penggunaannya bisa disesuaikan beratnya.

Tetapi demikian, penurunan dari ukuran jangkar kapalnya sendiri tidak bisa turun dengan cepat, hanya bisa mendekati ukuran berat asli.

Jangkar Kapal Hall

Ini adalah jenis jangkar kapal yang digunakan untuk jenis kapal pengangkut dan komersil. Jenis jangkar kapal hall memiliki bentuk bawahan seperti piring, lalu bagian atasnya berbentuk trisula.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang jenis jangkar kapal yang harus diketahui. Semoga informasinya bermanfaat.

Kata kunci : Mengenal Jenis Jangkar Kapal yang Harus Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.