Tuesday , June 25 2019
Home / kutai timur / Selamat datang di Sangatta Kota Tercinta

Selamat datang di Sangatta Kota Tercinta

Selamat datang di Sangatta Kota Tercinta

Selamat datang di Sangatta Kota Tercinta – Sobat blogger mungkin belum familiar dengan nama Sangatta, namun untuk orang yang berprofesi sebagai pekerja pertambangan tentu nama sangatta sudah sering mendengarnya, Sangatta merupakan Ibu Kota Kabupaten Kutai Timur yang penghasilan rata-rata masyarakatnya adalah dari Tambang, Penjual, Pegawai Negeri Sipil dan Kelapa Sawit.

Sangatta merupakan pemekaran dari Kabupaten Kota Bontang pada tahun 1999 dan sekarang sudah genap berumur 17 tahun yang mana pada tahun ini di adakan pertama kalinya Pesta Adat Kutai karena sangatta merupakan daerah Kerajaan Kutai Kartanegara pada zaman dahulu. Pesta Adat Pelas Tanah pada bulan November lalu sangat meriah sekali, jika di Kabupaten Kutai Kartanegara ada Pesta Adat Erau di sangatta Pesta Adat Pelas Tanah.

Apa itu Pesta Adat Pelas Tanah ?

Pelas Tanah di sangatta Rumah Kelinci Sangatta dan Taman AgroWisata adalah pesta adat masyarakat Kutai yang mana bertujuan untuk melestarikan kebudayaan nusantara yang ada di Kabupaten Kutai Timur, jadi bukan hanya kebudayaan masyarakat Kutai saja yang akan tampil di acara tersebut, akan tetapi keberagaman budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Kutai Timur juga akan tampil di Pesta Adat Pelas Tanah yang akan tampil.

Kuliner di Sangatta

Di Sangatta beragam olahan makanan bisa kalian dapat disini, karena Sangatta masyarakatnya majemuk jadi beragam kuliner bisa kalian nikmati. Warga masyarakat sangatta sudah diberi wadah oleh Pemerintah Kutai Timur melalui Dinas Koperasi dan di kelola oleh Desa untuk mengelola taman hiburan masyarakat dan beragam kuliner ada di situ, masyarakat sangatta menyebut taman ini dengan STQ atau Taman Bersemi.

Baca Juga:  Sketchers sangatta gelar pameran karya seni

Bagaimana cara ke sangatta?

Untuk ke Sangatta, kalian bisa menempuh jalur darat dari Kota Minyak Balikpapan melewati Kota Samarinda kurang lebih dari balikpapan ke samarinda 3 jam dan dari samarinda ke sangatta bisa menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam, dalam perjalanan ke sangatta kalian akan di suguhkan pemandangan alam yang luar biasa.

Apa yang menarik di sangatta?

Disangatta kalian bisa jalan-jalan ke berbagai tempat seperti (TNK) Taman Nasional Kutai yang mana di sana ada rute khusus pengunjung dan di dampingi oleh jagawana berkeliling TNK dengan berjalan kaki serta menantang adrenaline kalian ketika berkeliling TNK, karena harus jalan kaki naik perbukitan dan melewati sungai dengan berjalan di atas se utas tali untuk menyeberang dan tentunya harus ada pemandu.

Terus apa lagi?

Disini kalian juga akan disuguhkan pemandangan penambangan PT. KalTim Prima Coal salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia yang bisa kalian lihat langsung di Bukit Pandang (sebutan masyarakat sangatta). Kalian bisa melihat aktifitas tambang dengan lalu lalangnya kendaraan roda besar.

Desa di Sangatta
  1. Desa Sangatta Utara
  2. Desa Singa Gembara
  3. Desa Swarga Bara
  4. Desa Teluk Lingga

Jika kalian berjiwa petualang silahkan kunjungi Sangatta sebagai salah satu tujuan kalian berwisata. Salam hangat dari kami Blogger sangatta kota tercinta

About purji

Check Also

Ziarah ke Makam Habib Husein bin Habib Jafar Al Habsyi Desa Sepaso Kecamatan Bengalon

Ziarah ke Makam Habib Husein bin Habib Jafar Al Habsyi Desa Sepaso Kecamatan Bengalon, PURJIANTO.WEB.ID, …

2 comments

  1. Mantap mas purjianto deskripsinya

  2. Terima kasih udah mampir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *