Thursday , October 17 2019
Home / kutai timur / Ziarah ke Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani Sangatta Selatan

Ziarah ke Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani Sangatta Selatan

Ziarah ke Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani Sangatta Selatan, PURJIANTO.WEB.ID, sangatta – Menurut penuturan warga masyarakat yang tinggal di dekat makam tersebut Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani merupakan salah satu penyebar agama islam kala itu di sangatta yang dulu masih ikut kerajaan Kutai Kartanegara yang sekarang makam beliau berada di Kecamatan Sangatta Selatan tepatnya di pinggiran sungai sangatta.

Ada cerita unik dari makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani yang terletak di sangatta selatan Kabupaten Kutai Timur tersebut, menurut informasi yang saya dapat makam tersebut sebelumnya berada persis di pinggiran sungai sangatta selatan.

Syekh Fadillah Bin Abdillah

Seiring berjalannya waktu air mengikis tanah di pinggiran sungai tersebut hingga makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani hampir tenggelam terkena erosi air sungai yang semakin hari semakin mengikis lapisan tanah yang ada disekitar sungai tersebut.

Namun, entah bagaimana ceritanya Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani yang terletak di Kecamatan Sangatta Selatan ini bisa berpindah sendiri naik ke atas di tanah yang datar yang tidak terkena dampak dari pasangnya air sungai tanpa ada yang memindahkan.

Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani menjadi makam keramat

Semenjak kejadian tersebut Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani menjadi salah satu makam yang di keramatkan oleh masyarakat sekitar dan akhirnya oleh pemerintah di renovasi seperti sekarang ini.

Saya beserta beberapa sahabat sengaja datang ke Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani dengan tujuan untuk mendo’akan beliau yang sudah mensyiarkan agama di sangatta kota tambang terbesar di Indonesia ini.

Ziarah ke Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani Sangatta Selatan

Sebagai generasi penikmat perjuangan para ulama dan pejuang kemerdekaan saya pribadi sangat bangga dan salut kepada beliau para pahlawan yang rela mengorbankan apapun untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta.

Baca Juga:  Manasik Haji PAUD Tahun 2018

Ziarah ke Makam Habib Husein bin Habib Jafar Al Habsyi Desa Sepaso Kecamatan Bengalon


Artikel utama untuk bagian ini adalah: Ziarah ke Makam Habib Husein bin Habib Jafar Al Habsyi Desa Sepaso Kecamatan Bengalon

Wisata religi kali ini saya beserta rombongan berziarah ke Makam Habib Husein bin Habib Jafar Al Habsyi Desa Sepaso Kecamatan Bengalon perjalanan kami mulai dari Kecamatan Sangatta Utara untuk menuju ke “Makam Habib Husein bin Habib Jafar Al Habsyi” Desa Sepaso Kecamatan Bengalon

Untuk menuju ke Makam Syekh Fadillah Bin Abdillah RM. Ghani bisa mengikuti peta dibawah ini:

About purji

Check Also

Universitas Terbuka Hadir di Sangatta

Universitas Terbuka Hadir di Sangatta – Selamat datang di blog pribadi saya purjianto.web.id. Tempat berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *