Thursday , December 12 2019
Home / kutai timur / Taman Bermain Bukit Pelangi Sangatta

Taman Bermain Bukit Pelangi Sangatta

Taman Bermain Bukit Pelangi Sangatta
Suasana sore hari di Taman Bermain Bukit Pelangi Sangatta, Source : Photo pribadi purjianto.web.id

PURJIANTO.WEB.ID, Taman Bermain Bukit Pelangi Sangatta – Bukit pelangi atau biasa disebut oleh orang-orang tua dulu gunung tim, sekarang menjadi pusat perkantoran Kabupaten Kutai Timur. Semua perkantoran di kota yang berpenghasilan utamanya mineral alam ini, berkumpul menjadi satu tempat. Saat sore atau hari libur banyak dikunjungi masyarakat sangatta.

Selain perkantoran, disisi lain terdapat Masjid kebanggan masyarakat Kutai Timur dan taman bermain. Suasana bersih dan rapi menjadi daya tarik tersendiri.

Ada beberapa taman yang ada di bukit pelangi sangatta ini, dengan slogan “Kota ramah anak” menjadikan perkantoran bukit pelangi sebagai destinasi wisata tersendiri bagi masyarakat.

taman bermain bukit pelangi
Kantor Bupati Kutai Timur

Sekitar pukul 16.00 Wita, taman kota ini mulai dikunjungi oleh pengunjung yang membawa serta keluarga tercinta.

Suasana malam di taman ini pun, menjadi incaran banyak remaja untuk berfoto selfi. Sebab, lampu yang menghiasi taman dan lingkungan sekitar sungguh menakjubkan.

Potensi alam Kutai Timur

Ada 2 potensi alam di Kabupaten Kutai Timur, yaitu :

  1. Tambang Batubara
  2. Kelapa sawit
BACA :  Filosofi air dalam kehidupan

potensi alam kutai timurPT. Kaltim Prima Coal adalah produsen batu bara terbesar di Kutai Timur. Perusahaan juga memperoleh area konsesi pertambangan seluas 84.938 ha di Sangatta, Benyamin, dan Rantau Pulung, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Penambangan batu bara anak perusahaan Bumi Resources ini merupakan salah satu open pit mining terbesar di dunia.

Setiap hari, kegiatan di tambang ini melibatkan sembilan ekskavator penggali tanah dan 76 truk pengeruk batu bara. Bongkahan tanah dan batu yang harus dipindahkan serta batu bara diangkut oleh 200 dump trucks. Kapasitas angkut setiap dump truck 290 ton. Total kendaraan alat berat di KPC sekitar 2.560 unit.

Semua kendaraan berat ini dioperasikan para sopir Indonesia, di antaranya 25 penempuan. “Perempuan yang sudah menikah pun tetap dipercayakan untuk mengemudikan kendaraan selama mereka sehat bugar dan bersedia bekerja,” kata koordinator pekerja di area tambang.

Saat kondisi alam mendukung, tidak ada hujan, iringan dump truck tampak bergerak indah. Setiap dump truck mampu mengangkat 290 ton beban. Di samping harga dump truck sekitar US$ 2 juta, biaya perawatan juga mahal. Satu ban dump truck dengan tinggi 3,4 meter itu sekitar US$ 50.000. Satu dump truck menggunakan enam ban. (Sumber : pemkab kutim)

BACA :  Aksi Sehat Dengan Donor Darah

perkebunan kelapa sawitSektor Perkebunan Kelapa Sawit sekarang menjadi primadona bagi masyarakat Kutim, terutama para petani yang berada di pedalaman. Perkebunan kelapa sawit berkembang seiring dengan pertumbuhan koperasi yang terus menunjukkan kemajuan. Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat berasaskan kekeluargaan, tidak dapat dipandang remeh. Koperasi sebagai organisasi bisnis, dimiliki dan dioperasikan sekelompok orang demi kepentingan bersama.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kutim mengungkapkan, luas perkebunan kelapa sawit saat ini telah mencapai sekitar 303.000 hektare.

Selebihnya adalah pola kebun kemitraan mandiri yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Kutai Timur. Untuk meningkatkan kemampuan petani yang terlibat pola kemitraan mandiri diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak. Berkat kerja sama itulah mampu dicapai peningkatan kesejahteraan bagi petani melalui koperasi.

BACA :  Semua Pihak Berkoordinasi, Batas Desa Harus Selesai di 2021

“Pola kemitraan mandiri memiliki peran yang positif meningkatkan kemampuan petani rakyat. Bahkan pada tahun ketiga, dapat dihasilkan TBS (Tandan Buah Segar, Red) sawit untuk satu hektare mencapai 27 ton dalam setahun. Identifikasi hasil fisik perkebunan di Kutim sangat luar biasa. Sedangkan jumlah perusahaan perkebunan mencapai 111 unit, dan yang aktif sekitar 97 unit. Sisanya masih dalam proses sehingga tidak dihitung aktif optimal,” jelas Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kutim.

Taman bermain bukit pelangi

Tak heran jika kota pecahan dari Kutai Kartanegara ini sekarang menjadi kota berpenghasilan tinggi untuk daerah.

Daerah dengan multikultur ini pun menjadi primadona bagi peneliti, khususnya orang utan.

Masih banyak orang utan yang hidup dihutan lindung TNK (Taman Nasional Kutai).

Untuk menuju pusat penelitian orang utan, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Sebab, untuk menuju ke lokasi harus melewati sungai.

Demikian informasi seputar Kabupaten Kutai Timur, dengan judul Taman Bermain Bukit Pelangi.

About purji

Avatar
Saya adalah blogger dari sangatta, kutai timur. Blogger newbie yang berusaha menulis walaupun tidak sempurna

Check Also

Ziarah Makam Habib Muhsin bin Hasyim Senumpak Sangkulirang

Ziarah Makam Habib Muhsin bin Hasyim Senumpak Sangkulirang – Hallo sobat, bertemu lagi dengan saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *