Sunday , August 18 2019
Home / kontes / Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 – Berbicara seputar tantangan di era revolusi industri 4.0 yang sekarang kita hadapi tahun 2019 ini, tentu tidak jauh dari teknologi terkini. Terlebih lagi tentang trend digital marketing saat ini.

Namun sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah mampir ke blog purjianto. Kali ini saya akan mengangkat tema “Tantangan di era revolusi” sekarang sudah memasuki “Revolusi Industri 4.0“. Berbicara soal revolusi industri, berikut penjelasannya.

Revolusi industri 1.0 pertama kali terjadi pada akhir abad ke-18, pada masa itu, penggunaan tenaga manusia dan tenaga hewan mulai tergantikan dengan di temukannya mesin uap.

Banyak sekali pada waktu itu orang yang tidak mendapatkan pekerjaan, sebab hampir semua di kerjakan oleh mesin. Namun produksi bertambah banyak.

Revolusi Industri 4.0
Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 2.0 muncul pada awal abad ke-20, di tandai dengan semakin berkembangnya penggunaan dan pengembangan mesin uap generasi ke dua, munculnya pembangunan rel kereta api, produksi besi dan baja dalam skala besar.

Pada waktu itu juga, terciptanya telegraf dan radio. Pada masa ini, ilmu pengetahuan menjadi landasan utama, dan revolusi industri 2.0 berakhir setelah terjadinya perang dunia pertama.

Revolusi industri 3.0 terjadi pada awal tahun 70-an, ditandai dengan pemakaian teknologi elektronik dan komputerisasi menjadi alat utama dalam pengerjaan produksi. Dengan munculnya sistem komputerisasi ini, skala produksi yang besar akan tetapi biaya produksi semakin murah.

Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

Sesuai dengan definisi kata, revolusi adalah suatu perubahan besar yang di lakukan manusia dalam memproduksi barang, yang sebelumnya menggunakan tangan manusia, beralih dengan menggunakan peralatan yang lebih modern.

Begitu juga dengan dunia marketing, sebelumnya kita lebih mengenal pasar tradisional ketimbang pasar modern.

Kita harus kepasar dengan membawa uang tunai dan kadang harus membawa tas sendiri dari rumah, untuk membawa barang belanjaan. Itu kita alami tahun 90-an lalu, memasuki era 2000-an kita sudah mengenal dunia internet, walaupun tidak semua orang bisa menggunakannya.

Baca Juga:  Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri 2019 Beserta Jadwal

Memasuki tahun 2010, kita sudah di sajikan beberapa toko online, walaupun belum se-canggih saat ini. Itu pertanda, jika kita sudah masuk ke era digital.  Menjamurnya toko online seiring dengan perkembangan zaman,  Bukan hanya pemodal besar saja yang bisa memiliki toko online.

Sekarang sudah banyak orang yang memakai internet untuk berjualan online. Walaupun tidak sebesar Yang ada sekarang, namun setidaknya orang sudah banyak yang mencoba untuk berjualan secara online.

Tantangan di era revolusi industri 4.0 bukan cuma sekedar untuk menjual barang, namun lebih ke fasilitas pelayanan konsumen. Dalam dunia usaha, pelayanan adalah nomor satu, layaknya kita menjual barang secara konvensional.

Siapkah kita menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0?

Layaknya sebuah telepon pintar, digital marketing pun terus ter-upgrade, sesuai tantangan di era revolusi industri 4.0. Jika beberapa tahun yang lalu, ketika kita membuka website jual beli terasa sekali loading yang agak lambat.

Berbeda untuk sekarang, dengan menggunakan template dan plugin E-commerce, loading sebuah website akan semakin cepat dan ringan, hal tersebut di pengaruhi oleh pemilihan hosting terbaik.

Selain itu, teknik SEO pun turut berpengaruh sesuai perkembangan dunia digital. Google sebagai layanan pencarian terbesar di dunia pun beberapa kali merubah algoritma sesuai kebutuhan penggunanya.

Salah satunya adalah website harus ringan dan mendukung penuh perangkat seluler, sebab sebagian besar pengguna internet memakai perangkat seluler.

Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 dalam dunia marketing

Menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0 ini, dunia digital marketing terus berbenah, jika dulu kita mempromosikan barang dagangan melalui media televisi dan radio, saat ini menggunakan media elektronik yaitu internet.

Suka tidak suka, revolusi industri 4.0 ini harus kita lalui dengan berbagai perubahan dalam dunia digital, tinggal kita saja bagaimana mensiasatinya. Disisi lain, dunia digital membawa manfaat dan tantangan tersendiri.

Berikut manfaat dari platform digital industri 4.0 :

Perubahan.

Munculnya bisnis baru para inovator dalam merancang bisnis di era digital, bukan saja berupa toko online, namun menyasar juga ke pendidikan, ritel, kesehatan, makanan bahkan dunia hukum.

Baca Juga:  Stimuno untuk Balita, Suplemen Kesehatan Herbal 100 % Herbal

Efisien.

Dengan berkembangnya inovasi digital, membuat pemasaran lebih efisien dan lebih optimal, bukan saja di nikmati oleh orang perkotaan, di desa-desa pun sudah merasakan dampak dari era digital sekarang ini.

Pertanyaannya ialah, apakah kita bisa mengikuti perkembangan di era digital ini?

Tentu saja bisa. Sekarang sudah banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai media promosi.

Salah satunya adalah membangun sebuah website sendiri. Namun, sebelum membangun sebuah web, terlebih dahulu kita harus tahu seberapa besar kapasitas yang harus di gunakan.

Pemilihan tempat atau rumah untuk website adalah kunci utamanya, lalu bagaimana cara memilih tempat yang tepat untuk sebuah website? Berikut penjelasannya.

Tempat memilih hosting terbaik di era revolusi industri 4.0

Dalam dunia digital marketing, yang kaitannya erat dengan sebuah website untuk jual beli maupun untuk media promosi, tidak lepas dari cara memilih sebuah tempat atau hosting terbaik, hosting adalah rumah untuk sebuah web, tempat untuk menaruh semua keperluan web site, layaknya sebuah rumah.

Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0Merupakan layanan jasa penyedia hosting dan domain termurah di Indonesia saat ini. Niagahoster menawarkan beragam paket hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu. Apakah itu website company profile, blog pribadi, atau toko online. 

Tiap jenis website ini memerlukan keperluan resource yang beragam. Sebagai contoh, jika Anda menginginkan website instan sederhana dan langsung online, Anda bisa menggunakan hosting unlimited atau WordPress hosting kami.

Kemudian, untuk website dengan fitur yang bisa dikustomisasi sendiri, Anda dapat menggunakan Virtual Private Hosting (VPS). Soal bantuan, Anda tidak perlu khawatir. Tim support kami siap membantu Anda kapan saja!

“Rumah” Terbaik untuk Website Anda
Jaminan Performa Bebas Gangguan

Memilih data center yang tepat adalah wujud dedikasi kami menghadirkan layanan web hosting terbaik untuk kebutuhan bisnis online Anda.

Data center terbaik penting untuk memastikan website bisnis Anda tetap memiliki performa yang optimal.

Dengan bangga kami menggunakan Green Data Center Tier 4 berstandar internasional milik Data Center Indonesia dengan performa uptime hingga 99,999%

Baca Juga:  Kontes SEO Coba SOSIAGO Influencer Marketing

DCI Data Center
Multiple Upstream
Dedicated Line
Power Outage
DCI Data Center

Data Center Indonesia tidak memiliki riwayat downtime sejak pertama kali melayani pasar. Kinerja luar biasa ini membuat DCI menjadi pusat data center tier 4 pertama di Asia Tenggara.

Multiple Upstream

Dengan fitur multiple upstream, konektivitas Anda akan lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Multiple Upstream menggunakan beberapa jaringan yang akan memastikan konektivitas Anda tidak akan terganggu meskipun salah satu jaringan mengalami gangguan. Fitur ini yang menggaransi uptime server bisa mencapai 99,999%

Dedicated Line

Anda akan memperoleh kecepatan akses upload ataupun download yang konstan dan lebih tinggi. Saluran koneksi khusus akan tersambung hanya untuk Anda sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir harus berbagi bandwidth dengan pengguna lain.

Power Outage

Data Center Indonesia didukung oleh dua pembangkit listrik yang saling tetap aktif untuk jaminan server aman dari gangguan listrik. Semua sudah terbukti dari pengalaman riwayat downtime akibat gangguan listrik yang terjadi hanya selama 5 menit dalam satu tahun.

Dengan terus mengikuti perkembangan teknologi, tentu kita tidak akan tertinggal terlalu jauh di era digital ini. Niagahoster menjadi salah satu referensi dalam menggembangkan bisnis digital marketing.

Layanan web hosting Indonesia yang cepat, mudah disertai bantuan teknis terbaik di Indonesia yang dipercaya oleh ribuan developer dengan harga termurah di kelasnya.

Revolusi industri 4.0 saat ini kita rasakan, istilahnya adalah “Internet of Things”, yaitu kita masuk ke dunia virtual, terkoneksinya manusia, mesin dan data atau dengan kata lain Cyber Physical Systems.

Demikian artikel yang membahas tentang era digital marketing industri 4.0, dengan Kata Kunci : Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0, semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar yang positif.

Artikel ini sengaja saya buat untuk kepertingan kontes SEO yang diadakan oleh Niagahoster, yang juga bisa kalian ikuti Di sini dan salam sukses.

Artikel terkait tentang digital marketing

Kategori : Revolusi Industri | Era Digital | Revolusi Industri 4.0 di Indonesia | Hosting Terbaik di Era Digital

About purji

Check Also

Kontes SEO Coba SOSIAGO Influencer Marketing

Purjianto.web.id, Kontes SEO Coba SOSIAGO Influencer Marketing – Untuk kalian yang suka nulis ini ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *