Tips Berbisnis Online dari Nol untuk Pemula

oleh -41 views
Tips Berbisnis Online dari Nol untuk Pemula

Tips Berbisnis Online dari Nol untuk Pemula – Ada banyak alasan menarik mengapa bisnis online lebih digemari banyak wirausahawan masa kini ketimbang jenis bisnis konvensional pada umumnya. Kecanggihan teknologi dewasa ini adalah faktor terbesar yang rupa-rupanya amat berpengaruh terhadap perkembangan e-commerce.

Dengan internet, siapa saja bisa mendirikan usaha dagangnya sendiri dan menjalankannya dari mana pun, serta terhubung dengan konsumen di mana pun mereka berada.

Anda tertarik untuk memulai bisnis Anda sendiri? Penasaran bagaimana cara sukses jualan online? Simak tipsnya di bawah ini.

Kiat Sukses Bisnis Online untuk Pemula

Dengan bisnis online, Anda dapat menjangkau calon pelanggan dari belahan dunia manapun dengan memanfaatkan kekuatan internet yang tidak mengenal batas.

Koneksi tersebut akan membuka pintu kesempatan selebar-lebarnya bagi Anda untuk menjajal taktik marketing yang sama sekali baru guna memasarkan produk atau jasa Anda dengan biaya serendah-rendahnya.

Akan tetapi, sama halnya dengan model bisnis lain pada umumnya, Anda pertama-tama perlu mengetahui seperti apa target konsumen ideal Anda dan bagaimana Anda akan menarik perhatian calon pembeli untuk memborong dagangan Anda sebelum memulai menjalankan usaha Anda.

Selanjutnya, ikuti tips berbisnis online di bawah ini untuk memaksimalkan profityang Anda peroleh:

Bangun Brand yang Kuat

Branding merupakan salah satu komponen dalam berniaga online yang memegang kunci penting dalam kesuksesan Anda. Branding, atau juga disebut pencitraan merek, adalah elemen yang menjadikan bisnis online Anda berbeda dari pesaing lain dan menarik perhatian konsumen ideal Anda.

Oleh karena itu, penting sifatnya untuk meluangkan waktu dan memikirkan matang-matang citra seperti apa yang Anda akan coba bangun.Untuk menentukannya, pertama-tama Anda harus menggali lebih dalam mengenai seperti apa bisnis Anda sebagai sebuah brand.

Apa misi dan nilai-nilai yang Anda hendak salurkan lewat bisnis Anda? Apa yang menjadikan usaha Anda berbeda dari kompetitor Anda? Hal-hal spesial apa yang dimiliki oleh bisnis Anda namun tidak ditawarkan oleh bisnis sejenis lainnya?

Setelah Anda mempunyai gagasan yang jelas mengenai brand bisnis Anda, maka selanjutnya Anda dapat menggunakan rancangan tersebut untuk menciptakan bagian-bagian lain dalam membangun brand usaha Anda, yaitu identitas visual dan desain brand Anda.

Ada beberapa elemen desain visual brand utama yang Anda perlukan untuk meluncurkan bisnis online yang menguntungkan, antara lain:

  • Logo
  • Situs web
  • Kartu nama
  • Elemen branding lainnya, seperti packaging atau brosur promosi

Semua elemen inilah yang membentuk identitas merek bisnis Anda. Elemen-elemen tersebut juga akan berfungsi sebagai media penyebaran informasi untuk memberi tahu calon konsumen mengenai bisnis Anda.

Buat Website Khusus

Tidak bisa dipungkiri lagi jika website merupakan elemen terpenting dalam pembentukan identitas brand.

Situs web adalah tempat di mana pembeli potensial berkesempatan untuk mempelajari bisnis Anda lebih jauh lagi dan menjelajahi produk atau layanan yang Anda pasarkan sebelum pada akhirnya membuat keputusan pembelian (buying decision).

Jika Anda beranggapan bahwa website bukanlah hal penting dalam bisnis online, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan kembali mengenai hal tersebut. Faktanya, ada banyak manfaat memiliki website untuk bisnis online yang mungkin belum Anda sadari, seperti:

Menarik Minat Konsumen Baru. 81% pengguna internet mencari informasi mengenai suatu bisnis secara online sebelum membuat buying decision. Jika Anda tidak memiliki website khusus bisnis Anda, maka Anda tidak memiliki kesempatan untuk menangkap pangsa pasar ini.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis. Pada kenyataannya, 56% orang mengaku bahwa mereka tidak akan mempercayai bisnis tanpa presensi online. Alhasil, memiliki website yang didesain dengan sebaik mungkin untuk kenyamanan pengguna akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda secara instan. Kesan pertama itu penting. Jadi, situs web yang dibuat dengan baik akan meninggalkan kesan yang kuat bagi customer potensial Anda.

Menghemat Waktu. Berkomunikasi dengan calon pelanggan lumayan menyita perhatian dan menghabiskan banyak waktu. Akan tetapi, website dapat menghemat waktu Anda dengan menghadirkan informasi lengkap mengenai produk atau layanan Anda pada satu tempat.

Alhasil, sangat krusial untuk mendesain website Anda dengan benar, baik dari segi tampilan maupun kegunaan.Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat website untuk bisnis online Anda, yaitu:

Bangun Website yang Responsif. Karena banyak pengunjung yang juga akan mengakseswebsite Anda di perangkat seluler, penting agar desain situs web Anda terlihat sama bagusnya baik di layar smartphone maupun desktop. Ketika Anda membuat website untuk bisnis online Anda, pastikan desainnya sepenuhnya responsif.

Permudah Proses Pembelian. Tujuan diluncurkannya website Anda adalah untuk mendorong terjadinya penjualan pada bisnis online Anda. Artinya, penting untuk menciptakan user experience (pengalaman pengguna) yang positif dan menjadikan proses pembelian produk atau jasa sesederhana mungkin. Contohnya, atur kategori barang dagangan Anda berdasarkan label tertentu sehingga memudahkan pelanggan menemukan apa yang mereka cari.

Jika Anda awam tentang bagaimana membuat website Anda sendiri, sekarang hadir jasa website builder yang memungkinkan Anda untuk mendesain situs web impian Anda dengan praktis. Dengan kata lain, Anda dapat membuat website Anda sendiri meskipun Anda sama sekali tidak tahu-menahu soal apa itu bahasa pemrograman dan coding.

Malahan, beberapa perusahaan yang menawarkan layanan membangun website akhir-akhir ini juga menyediakan paket hosting gratisbagi pebisnis pemula. Salah satunya adalah Zyro. Faktanya, Zyro lebih dari sekadar perancang situs web biasa.

Website builder ini juga menghadirkan opsi di mana Anda dapat menentukan nama domain sekaligus kapasitas hosting web Anda di satu tempat. Tertarik mencobanya? Buat website bisnis mudah dengan Zyro sekarang juga.

Kembangkan Strategi Pemasaran yang Tepat Sasaran

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda terapkan untuk terhubung dengan calon pembeli sekaligus memasarkan bisnis online Anda. Berikut beberapa metode pemasaran online yang layak Anda pertimbangkan:

Advertensi/Iklan. Iklan adalah salah satu marketing strategy yang bagus untuk menjangkau pelanggan ideal Anda. Ada banyak cara untuk beriklan secara online. Pertama-tama, Anda dapat menggunakan Google AdWords untuk mengiklankan produk atau jasa Anda saat pelanggan mengetikkan keyword yang relevan di mesin pencari tersebut. Kedua, Anda dapat menggunakan Facebook Ads untuk menarget followers dari kompetitor bisnis Anda dan meyakinkan mereka untuk beralih ke toko online Anda. Selain itu, Anda juga dapat menyewa advertising spot di situs web dengan lalu lintas tinggi.

Content Marketing. Orang-orang mempercayai bisnis yang kredibel. Salah satu cara untuk menunjukkan kepada calon pelanggan Anda jika bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan valid yakni dengan menerapkan metode content marketing.Menerbitkan konten yang bersifat edukatif dan informatif seperti postingan blog atau e-book berpotensi melejitkan popularitas serta membangun kepercayaan orang-orang terhadap bisnis online Anda. Ini juga tergolong sebuah upaya untuk menunjukkan kepada calon pelanggan Anda bahwa Anda berkomitmen untuk memberikan value bagi mereka selain hal-hal yang melibatkan uang.

Social Media Marketing.Beriklan pada media sosial (seperti Facebook Ads) bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk memasarkan bisnis online Anda. Selain terhubung dengan audiens, metode ini juga akan mendorong penjualan. Ciptakan presensi online Anda pada platform media sosial yang paling sering digunakan pembeli ideal Anda, lalu terbitkan konten secara rutin.

Penutup

Ada banyak tips berbisnis online lainnya selain cara-cara di atas untuk menyukseskan usaha Anda, seperti memikirkan tentang aspek legal dan mempersiapkan logistik bisnis Anda.

Namun, karena sekarang Anda sedikitnya sudah lebih memahami cara membangun bisnis online yang sukses dari nol, maka langkah terakhir yang Anda perlu lakukan adalah mulai bergerak dan wujudkan rencana-rencana Anda.

Demikian artikel mengenai tips berbisnis online untuk pemula. Selamat mencoba dan semoga berhasil.